Hadiah Rasulullah Saw. Untuk Sahabat Yang Mampu Shalat Dengan KHUSYU

Assalamualaikum wr.wb

Khusu adalah tuduk dan tawadhu serta berketenangan hati dan segala anggota kepada Allah swt. friman Allah surat Al Mu’minuun : 1-2. “sesungguhnya telah nyata keberuntungan dan kemenangan bagi orang yang beriman disebabkan iman dan amal solehnya ” seprti halnya Ibnu Abbs, beliau mengartikan khusu dengan takut dan Tamakninah kehadirat Allah swt. dengan menghilangkan kesombongan hati.

Tumbuhnya keikhlasan ditandai dengan keikhlasan beribadah kepada Allah swt. untuk memurnikan ketaatan hanya kepada-Nya, dan mengerjakan segala sesuatu yang diridhainya. Ketaatan kepada Allah berarti bertambahnya keinginan bagi orangyang mendirikan shalat untuk melaksanakan perintah Allah dan menghentikan semualarangan-laranga-Nya.

Mengerjakan shalat adalah sebagai perwujudan dari keyakinan yang telah tertanam di dalam hati orang yang mengerjakannya, dan menjadi bukti bahwa ia telah merasakan bahwa dirinya sangat tergantung kepada nikmat Allah karena itu ia berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan perintah-perintah Allah dan menghentikan larangan-larangan-Nya.

“siapa diantara kalian yang mampu shalat dengan khusyu, maka akan kuberi hadiah”, tantangna Rasulullah saw kepada para sahabat disaat mereka sedang duduk bersama dalam suatu pertemuan. Para sahabat terdiam. Hanya Abi bin Abi Thalib karramallaahu wajhah yang menyanggupkan diri. Saudara sepupu Rasulullah ini memang dikenal sebagai sahabat yang dapat mencapai kekhusyuan luar biasa. Pernah suatu saat punggungnya terkena panah musuh. Etika seorang sahabat hendak mencabutnya, ia minta agar dicabutnya ketika tengah shalat. Kemudian ia berwudhu dan menjalankan shalat dengan khusyu, sehingga sama sekali tidak merasakan bahwa panah telah dicabut dari punggungnya.

Ternyata Ali bin Abi Thalib yang telah membuktikan sanggup shalat denga khusyu tidak berhasil memenuhi tantangan rasul di atas. Dia memang telah menjalankan shalat dengan benar dan sah. Tetapi ketika hendakmengucapkan salam, pikirannya teringat akan hadiah yang akan diterima nanti, menyebabkan kekhusuannya buyar. Dan membuatnya gagal meraih hadiah yang telah dijanjikan Rasulullah saw.

Kisah diatas menunjukkan betapa shalat yang khusyu tidak mudah dikerjakan oleh sahabat Rasulullah sekalipun. Dengan demikian, maka berbicara tentang khusyu dan manifestasinya, berarti kita membicarakan hal yang ideal yang sulit untuk dicapai. Tetapi bukan berarti kita takkan pernah mencapainya. Kekhusyuan dalam shalat tetap harus diusahakan.

Wassalamualaikum wr.wb

Bagikan :

Artikel Lainnya

Lowongan Guru Kelas 2024 Terbaru
Yayasan Pendidikan Wiranusa Pratama Medan, berdiri sejak tahun...
Lowongan Guru Kelas 2024
Yayasan Pendidikan Wiranusa Pratama Medan, berdiri sejak tahun...
Pentingnya Pendidikan Karakter A...
Pendidikan karakter anak usia dini sangat penting untuk pemben...
Inilah Cara Mendidik Anak Agar M...
Salah satu kewajiban menjadi orang tua adalah membesarkan dan ...
Cara Membuat Surat Izin Sekolah
Membuat surat Izin Sekolah merupakan hal yang sangat sering ki...
Pengaruh Teknologi dalam Manajem...
YPWPMEDAN - Manajemen Akutansi - Tekhnologi informasi muncul s...

Hubungi kami di : 082272303072

Kirim email ke kamiinfo@ypwpmedan.sch.id

Download App Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman