4 Landasan Pendidikan Pancasila yang Wajib Diketahui

Landasan pendidikan Pancasila perlu kalian ketahui. Pancasila merupakan dasar falsafah di negara Ind
Landasan pendidikan Pancasila perlu kalian ketahui. Pancasila merupakan dasar falsafah di negara Ind

YPWPMEDAN - Landasan pendidikan Pancasila perlu kalian ketahui. Pancasila merupakan dasar falsafah di negara Indonesia. Oleh karenanya, WNI harus mempelajari, mendalami dan menghayati. Lalu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketahui Landasan Pendidikan Pancasila

Landasan pendidikan Pancasila wajib kalian pahami, amalkan, pelajari, serta menghayatinya. Pancasila merupakan dasar falsafah negara Indonesia yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang 1945. Oleh karena itu, semua Warga Negara Indonesia harus mencoba mempelajari, mendalami, menghayati, serta mengamalkan dalam segala hal kehidupan.

Pancasila sudah berperan sebagai alat untuk bersikap setia terhadap pemerintah yang mempunyai kuasa, dengan cara menempatkan Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan bermasyarakat di negara Indonesia. Pancasila ini ada dalam Pembukaan UUD 1945 menjadi dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus terlaksana secara konsisten dalam kehidupan bernegara.

Semuanya perlu untuk mengetahui landasan Pancasila yang harus ada dalam berbagai kehidupan. Landasan Pancasila itu sendiri mempunyai 4 macam. Mulai dari landasan Pancasila historis, landasan Pancasila kultural, landasan Pancasila yuridis, serta landasan Pancasila filosofis. Landasan tersebut wajib Anda pelajari, pahami, hayati, dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Landasan Pendidikan Pancasila

Dalam landasan pendidikan Pancasila, kita harus memahami serta mengamalkannya di berbagai bidang kehidupan. Dengan cara itu, berarti kalian menghargai dan menghormati Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia serta ideologi negara. Berikut landasan Pancasila yang wajib kalian semua ketahui serta terapkan dalam kehidupan di bidang apapun.

Landasan Historis

Landasan pendidikan Pancasila yang pertama yaitu landasan historis. Pancasila merupakan warisan para pendiri bangsa. Pancasila ialah fakta sejarah, tentu dari proses berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan hasil sejarah yang sangat berharga sehingga kita harus bersepakat untuk mempertimbangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai dengan sekarang ini.

Perumusan Pancasila ini mengambil dari nilai-nilai pandangan hidup seluruh masyarakat. Setiap negara mempunyai ideologi dan pandangan hidup masing-masing. Sehingga terdapat adanya perbedaan yang kita ambil dari nilai-nilai hidup dan perkembangan pada suatu bangsa. Pancasila sendiri mempunyai nama yang telah Presiden Ir. Soekarno beri dan menjadi penggagasnya. Nama Pancasila ini ada pada pidato Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 dalam persidangan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang menjadi saran serta petunjuk.

Landasan Kultural

Landasan Pancasila yang berikutnya yaitu landasan kultural. Perlu Anda ketahui, landasan kultural Pancasila mempunyai unsur-unsur sebagai adat istiadat, tulisan, bahasa, slogan, kesenian, agama, kepercayaan, dan kebudayaan dalam negara Indonesia yang secara umum.

Landasan Yuridis

Landasan Pancasila yang ketiga yaitu sebagai landasan yuridis. Definisi landasan yuridis adalah landasan berdasarkan aturan yang memulai perdagangan dan permusyawarahan. Dalam alinea atau paragraf keempat Pembukaan UUD 1945, yaitu sebagai landasan yuridis konstitusional yang di dalamnya terdapat rumusan dan susunan sila Pancasila sebagai dasar negara yang benar dan sah.

  • Pertama, Ketuhanan yang Maha Esa
  • Kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  • Kemudian, Persatuan Indonesia
  • Selanjutnya, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan
  • Terakhirnya, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Landasan Filosofis

Landasan pendidikan Pancasila yang terakhir yaitu sebagai landasan filosofis. Filosofis ini bersumber dari adanya pandangan-pandangan yang ada di dalam filsafat pendidikan, lalu menyangkut keyakinan terhadap hakikat manusia, keyakinan mengenai sumber nilai, hakikat pengetahuan, serta mengenai kehidupan yang baik.

Sekian ulasan artikel ini yang membahas landasan pendidikan Pancasila dan wajib Anda terapkan dalam berbagai bidang kehidupan.

Related Posts

Comments (0)

Leave a Comment